pengertian mikoriza

Mikoriza adalah bentuk hubungan simbiotik antara jamur dengan akar tumbuhan tingkat tinggi. Misalnya, hubungan antara jamur dengan akr tumbuhan pinus. Pada akr pinus di temukan banyak jenis jamur berbentuk paying. Dalam bentuk hubungan ini, jamur memperoleh zat makanan berupa zat organic dari tumbuhanm pinus, sedangkan tumbuhan pinus memp[eroleh mineral dan air dari jamur.

Mikoriza di bagi menjadi dua yaitu:

1. Endomikoriza

Endomikoriza adalah jamur yang hifanya dapat menembus akar sampai bagian korteks. Misalnya yang terjadi pada tanaman anggrek, sayuran (kol), dan pada berbagai jenis tumbuhan tinkat tinggi. Endomikoriza penting untuk beberapa jenis tanaman polongan karena dapat merangsang pertumbuhan bintil akar. Bintil akar dapat bersimbiotis dengan Rhizobium sehingga mempercepat fiksasi nitrogen.

2. Ektomikoriza

Ektomikoriza adalah jamur yang hifanya hanya sampai pada bagian epidermis akar pertumbuhan atau tidak sampai menembus ke dalam korteks akar. Dengan adanya ektomikoriza, akar tumbuhan tidak begitu memerlukan buylu akar. Tumbuhan tumbuhan tersebut dapat memperoleh air dan unsure-unsur hara dari tanah dalam jumlah yang lebih banyak.

0 komentar: